Image of Analisis Penerapan Audit Planning dan Audit Prosesdur atas Pemeriksaan Persediaan di Gudang Pelumas PT.Pertamina ( PERSERO ) UPMS VII Makassar

Analisis Penerapan Audit Planning dan Audit Prosesdur atas Pemeriksaan Persediaan di Gudang Pelumas PT.Pertamina ( PERSERO ) UPMS VII Makassar



ABSTRAKSI

Pemeriksaan fisik atas barang dagangan suatu usaha sangat penting untuk dilakukan untuk mengotrol ketersediaan persediaan dan mencegah terjadinya pencurian dan penyalagunaan. Pemeriksaan fisik di Gudang Pelumas Pertamina, dilakukan untuk memastikan persediaan barang dalam gudang sesuai atau tidak dengan pencatatan yang ada dalam sistem MySAP.

Pelaksanaan pemeriksaan fisik dimulai dari perencanaan pemeriksaan (audit planning), menentukan prosedur pemeriksaan (audit prosedure), melakukan pemeriksaan ke Gudang Pelumas (observasi dan pemeriksaan fisik), dan yang terakhir membuat laporan atas hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan.

Pada akhir pemeriksaan fisik selesai dilaksanakan maka dibuat rekapan hasil perhitungan fisik di gudang. Ada enam gedung gudang pelumas dan masing-masing gedung memiliki jumlah pelumas yang berbeda-beda, jenis yang berbeda-beda, namun antara gudang yang satu dengan yang lain terdapat jenis pelumas yang sama sehingga menyebabkan proses perhitungan fisik barang agak terhambat dan membutuhkan waktu lebih lama.

Kesimpulan pelaksanaan permeriksaan fisik adalah sangat penting untuk dilakukannya perencanaan dan prosedur sebelum melakukan pemeriksaan fisik untuk mempermudah proses pemeriksaan, selain itu manajemen gudang yang baik ternyata sangat berpengaruh dalam proses pemerikasaan, karena dengan manajemen yang baik, mudah bagi karyawan di gudang maupun tim pemeriksa baik itu audit Internal maupun eksternal untuk melakukan pemeriksaan.

Kata kunci : Audit Plannning, Audit Procedure, Pemeriksaan Fisik


Ketersediaan

KP/AK 003KP/AK 003My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/AK 003
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Drs. Sehat E Ginting, Msi, AK.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this