Image of Tinjauan atas pengendalian intern dalam proses pra closing bulanan

Tinjauan atas pengendalian intern dalam proses pra closing bulanan



ABSTRAKSI

Laporan ini berisikan tinjauan penulis terhadap pengendalian intern dalam proses pra closing bulanan di PT. TELKOM selama melaksanakan kerja praktek.
Pengendalian intern dalam penyajian laporan keuangan bulanan sangat penting untuk menjaga keakuratan informasi laporan keuangan akhir tahun dan menyelidiki kemungkinan terjadi fraud transaksional maupun dalam update data.
Proses pelaporan keuangan interim dalam PT. TELKOM bukan prosedur sederhana, walaupun telah menggunakan aplikasi ERP SAP dalam mengintegrasi data antar level manajemen.
Proses dimulai dari otorisasi proses analisa akun dari siklus-siklus terkait seperti beban, pendapatan, dan pengadaan aktiva tetap oleh officer Accounting Operation & Control Area, officer Inter Area Consolidation, dan officer Fixed Asset Accounting. Masing-masing officer itu melakukan tugasnya yaitu menganalisa siklus yang menjadi tanggung jawabnya. Dalam proses ini ada proses pengendalian intern yang harus dipatuhi oleh semua officer, seperti pemberian paraf pada dokumen review. SAP juga akan menolak input data yang tidak lengkap.
Hasil dari analisa para officer tersebut dirangkum dalam dokumen review. Dokumen tersebut berisikan tentang kewajaran saldo akun-akun, apakah signifikan wajar, atau tidak wajar. Sistem juga menyediakan prosedur untuk menangani ketidakwajaran akun.
Hasil dari semua review dan verifikasi tersebut ialah dokumen Checklist Kesiapan Closing yang approved dan Nota Kesiapan Closing Nasional. Keduanya akan digunakan sebagai dasar proses closing nasional.


Ketersediaan

KP/AK 005KP/AK 005My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/AK 005
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Drs. Sehat E Ginting, Msi, AK.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this