Image of Expert System Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Dengan Analisa Foto X-Ray

Expert System Untuk Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Dengan Analisa Foto X-Ray



ABSTRAK

Sistem pakar untuk diagnosa penyakit gigi dan mulut dengan analisa foto X-Ray merupakan suatu sistem pakar yang dirancang untuk mendiagnosa penyakit gigi dan mulut dengan fitur analisa foto X-Ray untuk menambah tingkat keyakinan dari suatu goal atau kesimpulan. Pengetahuan ini didapat dari berbagai sumber seperti pakar dalam bidang ini dan buku pengetahuan medis. Basis pengetahuan disusun dalam bentuk tree sehingga mempermudah sistem dalam penelusuran fakta dan meningkatkan performa sistem itu sendiri dalam mencapai goal atau kesimpulan.

Sistem pakar ini menggunakan cara berpikir seorang pakar gigi dan mulut dalam melakukan diagnosis dan mengambil keputusan atau goal. Aplikasi ini membantu mencari kesimpulan dari penyakit yang diderita dengan melakukan analisa gejala-gejala awal serta gejala spesifik dari suatu penyakit gigi dan fitur analisa foto X-Ray untuk menambah keyakinan sistem untuk mencapai goal yang akurat. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode inferensi forward chaining, yaitu proses yang memulai pencarian dari fakta-fakta terlebih dahulu untuk mendapatkan goal. Pembuatan aplkasi sistem pakar ini menggunakan teknologi Java Server Faces (JSF) dan Prime Faces (PF) dan untuk database menggunakan MySQL.

Dengan pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi sistem pakar dengan metode forward chaining dapat membantu para ahli dalam penyakit gigi dan mulut dalam mengambil keputusan.


Kata kunci : Expert System, Forward Chaining, Rontgen dan Caries.


Ketersediaan

TA/IF 201TA/IF 201My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 201
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Prof. The Houw Liong, Ph.D Dosen Pembimbing II : Ken Ratri Retno Wardani, S.Kom., MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this