Image of Prediksi Hasil Pertandingan Sepakbola Menggunakan Algoritma K2

Prediksi Hasil Pertandingan Sepakbola Menggunakan Algoritma K2



ABSTRAK

Sepakbola merupakan olahraga yang hasil pertandingannya tidak dapat diprediksi secara akurat. Hal ini disebabkan karena banyaknya atribut yang dapat mempengaruhi hasil akhir pertandingan. Akan tetapi, jika dapat ditemukan hubungan antar atribut-atribut tersebut, maka dapat diidentifikasi atribut mana saja yang memiliki pengaruh besar terhadap hasil pertandingan. Salah satu cara untuk menemukan hubungan antar atribut ini adalah dengan mengunakan Bayesian Network.

Dalam tugas akhir ini dilakukan implementasi algoritma K2 untuk membangun struktur Bayesian Network yang merepresentasikan hubungan antar atribut-atribut yang berperan dalam sebuah pertandingan sepakbola.Pembentukan struktur K2 ditentukan bukan berdasarkan penempatan atribut secara acak, namun diurutkanberdasarkan atribut yang paling berpengaruh terhadap hasil akhir. Penentuan urutan atribut dilakukan berdasarkan nilai information gain dari setiap atribut sehingga diperoleh node ordering yang dianggap ideal. Informasi node ordering ini kemudian akan digunakan untuk menentukan parent dari setiap atribut hingga akhirnya diperoleh struktur Bayesian Network yang dapat digunakan untuk memprediksi hasil suatu pertandingan.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa akurasi prediksi sangat ditentukan oleh data pelatihan yang digunakan.Selain itu, variasi dan distribusi data pelatihan juga akan sangat menentukan struktur akhir Bayesian Network yang dihasilkan.

Kata kunci : K2, Information gain, Node Ordering, Sepakbola, Prediksi


Ketersediaan

TA/IF 203TA/IF 203My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 203
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Herastia Maharani, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this