Image of Pengembangan Question Answering System Untuk Kebutuhan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITHB

Pengembangan Question Answering System Untuk Kebutuhan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITHB



ABSTRAK

Kebutuhan akan pendidikan dalam jenjang perkuliahan mengakibatkan tingginya jumlah calon mahasiswa yang ingin mendaftar di suatu institusi pendidikan tertentu seperti di kampus Institut Teknologi Harapan Bangsa. Dalam hal ini, kampus harus bisa menangani pertanyaan seputar pendaftaran mahasiswa baru. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi Question Answering System.

Penelitian ini mengkaji tahapan analisa suatu kalimat pertanyaan hingga menampilkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan oleh user. Pertanyaan yang ditangani oleh sistem dibatasi hanya untuk kasus proses pendaftaran mahasiswa baru di Institut Teknologi Harapan Bangsa. Adapun proses yang dilakukan dibagi menjadi empat bagian besar yaitu : Question Analysis, Document Analysis, Answer Extraction dan Answer Selection. Dari keempat proses di atas akan didapatkan sebuah jawaban yang akan ditampilkan kepada user. Ada tidaknya jawaban dipengaruhi oleh kelengkapan corpus yang digunakan. Namun ada kekurangan yang masih harus ditangani seperti kecepatan sistem dalam mencari jawaban dan juga cara pemilihan jawaban yang masih belum sempurna, sehingga untuk pola pertanyaan tertentu jawaban yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh besar dalam proses pengolahan suatu pertanyaan hingga menghasilkan jawaban yang tepat adalah metode pemilihan keyword dari pertanyaan, penentuan question type dan metode pencocokan pola pada pertanyaan dengan pola pada kandidat jawaban.


Kata kunci: pendaftaran mahasiswa baru, Question Answering System, corpus, question type, keywords, kandidat jawaban


Ketersediaan

TA/IF 209TA/IF 209My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 209
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Herastia Maharani, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this