Image of Rekomendasi Playlist Berdasarkan Emosi User Dan Lirik Lagu Dengan Metode Content-Based Filtering

Rekomendasi Playlist Berdasarkan Emosi User Dan Lirik Lagu Dengan Metode Content-Based Filtering



ABSTRAK

Playlist merupakan suatu daftar kumpulan lagu yang didengarkan oleh pendengar musik. Mayoritas pendengar musik mendengarkan musik secara acak dan penempatan file musik ke dalam playlist pun dilakukan secara menyeluruh tanpa harus memilih-milih lagu di dalam direktori file. Tanpa disadari, emosi seseorang dapat mengubah playlist yang telah dibuat. Hal ini dikarenakan setiap lirik lagu sebenarnya mewakili emosi tertentu dan orang cenderung memilih lagu yang liriknya sesuai dengan emosi yang sedang dia rasakan.


Teori psikologi Farnsworth mendefinisikan emosi ke dalam 10 grup emosi dimana setiap grup emosi diwakili oleh sekumpulan kata-kata tertentu. Dengan menggunakan perhitungan TF-IDF dan cosine similarity, dapat dilakukan pengelompokan sebuah lagu ke dalam grup emosi tertentu berdasarkan kemiripan kata-kata dalam lirik lagu tersebut dengan kata-kata kunci yang mewakili grup emosi tertentu.

Aplikasi yang dibangun dalam tugas akhir ini berusaha untuk memberikan rekomendasi playlist sesuai dengan emosi pengguna. Pertama-tama sistem akan mengidentifikasi emosi pengguna berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh pengguna. Kemudian sistem akan merekomendasikan lagu-lagu yang memiliki grup emosi yang sama dengan emosi yang diidentifikasi dari pengguna. Selain itu, sistem juga dapat menerima masukan berupa sebuah lagu, dan kemudian merekomendasikan lagu-lagu lain yang berada di grup emosi yang sama dengan lagu masukan tadi.

Kata kunci : playlist, emosi, lirik lagu, rekomendasi, TF-IDF, cosine similarity


Ketersediaan

TA/IF 211TA/IF 211My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 211
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Herastia Maharani, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this