Image of Tinjauan Sistem Penjualan Konsinyasi pada FFWD Records

Tinjauan Sistem Penjualan Konsinyasi pada FFWD Records



ABSTRAK

Pelaksanaan kerja praktek pada Fastforward (FFWD) Records dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan, pada bulan Juni hingga Agustus 2011. Kerja praktek dilaksanakan pada FFWD Records yang berlokasi di jalan Dr. Setiabudi Nomor 56, Bandung. Selama kerja praktek, ruang lingkupnya memfokuskan permasalahan pada sistem penjualan konsinyasi dan sistem retur barang konsinyasi.
Tujuan dari penelitian laporan kerja praktek ini adalah untuk meninjau serta memahami bagaimana pelaksanaan sistem penjualan konsinyasi. Berdasarkan hasil tinjauan yang telah dilakukan, diketahui bahwa prosedur penjualan konsinyasi meliputi proses kerjasama pihak konsinyi dengan pihak konsinyor, prosedur penerimaan order, prosedur pembuatan sales order, prosedur pengambilan barang di gudang, prosedur pengiriman pesanan, prosedur retur barang konsinyasi, dan prosedur pembuatan invoice, prosedur penagihan.
Sistem penjualan konsinyasi yang diterapkan oleh FFWD Records telah terlaksana dengan cukup baik dan memadai secara keseluruhan, terlihat dari prosedur yang jelas dan ringkas sehingga memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Dapat dilihat juga dengan adanya pelaksanaan fungsi yang terkait, penggunaan dokumen dan catatan yang memadai untuk penjualan konsinyasi. Namun ada beberapa hal yang dapat disarankan, yaitu dengan melakukan penambahan bagian survei pasar. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan bagi bagian penjualan untuk memasarkan produk konsinyasi, yang diharapkan akan memberi kontribusi dalam meningkatkan keuntungan perusahaan dan juga dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan bagian penjualan dalam menawarkan order pesanan kepada pihak komisioner.

Kata kunci: sistem, penjualan, penjualan konsinyasi


Ketersediaan

KP/AK 021KP/AK 021My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/AK 021
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing: Bobby Wiryawan Saputra, SE.Ak., M.Ak
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this