Image of Tinjauan Proses Audit Sampai Diterbitkannx Opini Audit di KAP HLB Hadori Sugiarto Adi & Rekan

Tinjauan Proses Audit Sampai Diterbitkannx Opini Audit di KAP HLB Hadori Sugiarto Adi & Rekan



ABSTRAK


Kerja praktek yang dilaksanakan di KAP HLB Hadori Sugiarto Adi & Rekan lebih dari dua bulan dan ditempatkankan sebagai staff audit. Peninjauan yang dilaksanakan di KAP ini bertujuan untuk melakukan peninjauan atas proses audit yang dilakukan oleh auditor dan bagaimana hubungannya dengan opini audit.
Dalam memberikan opini audit, auditor harus mengungkapkan temuan auditnya dan diungkapkan secara transparan dalam laporan keuangan. Auditor tidak boleh merekayasa data, menghancurkan bukti-bukti audit, dan hal lain yang merupakan kecurangan dalam audit. Tetapi pengungkapan harus berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Untuk menemukan fakta-fakta tersebut, auditor harus melakukan audit dengan tahap-tahap dan proses audit yang sudah diterapkan. Proses tersebut akan membantu auditor untuk menemukan bukti-bukti audit dan untuk memperoleh informasi atas perusahaan yang diaudit.
Proses audit yang dilaksanakan oleh auditor dimulai dari pengenalan bisnis klien saat klien itu meminta perusahaannya untuk diaudit. Jika permintaan itu diterima makaaudit dimulai dengan pengenalan akan bisnis dan industri klien. Dimana auditor akan melakukan observasi langsung ke perusahaan dan pengecekan data-data sehingga diketahui tingkat risiko audit sebarapa besar tingkat materialitasnya. Audit dilakukan bertahap dengan prosedur yang telah ada dan ada fase audit yang harus dijalani sehingga pada tahap akhir auditor bisa mengungkapkan opininya atas laporan keuangan tersebut. Opini tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan dan harus bisa dibuktikan kebenarannya.
Sebab pekerjaan dan tanggungjawab auditor tidak hanya sampai pengumpulan informasi di lapangan dan proses audit yang dilakukan sangat mempengaruhi ketepatan pemberian opini. Tanggung jawab auditor juga bukan hanya kepada klien melainkan kepada masyarakat yang memerlukan dan menggunakan informasi laporan keuangan yang diaudit tersebut.

Kata kunci: proses audit, auditor, opini


Ketersediaan

KP/AK 023KP/AK 023My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/AK 023
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing: Drs. Sehat E Ginting, Msi, AK.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this