Image of Desain Dan Realisasi Antena Mikrostrip Sirkular Berpolarisasi Sirkular Dengan Metode Perturbasi Untuk Aplikasi W-LAN (802.11b/g/n)

Desain Dan Realisasi Antena Mikrostrip Sirkular Berpolarisasi Sirkular Dengan Metode Perturbasi Untuk Aplikasi W-LAN (802.11b/g/n)



ABSTRAKSI
Polarisasi merupakan salah satu parameter antena yang sangat penting dalam aplikasi-aplikasi antena karena polarisasi dapat menentukan kualitas penerimaan sinyal. Umumnya antena dipasaran memiliki polarisasi linier vertikal atau horisontal, sehingga kemungkinan polarization loss factor (PLF) lebih besar apalagi ketika pemasangan polarisasi antena tidak sesuai akan dapat menyebabkan redaman yang besar. Tugas akhir ini akan membuat antena mikrostrip dengan patch berbentuk sirkular, yang umumnya memiliki polarisasi linier diubah menjadi polarisasi sirkular dengan metode perturbasi. Dengan polarisasi sirkular, antena akan dapat menerima atau diterima oleh antena lain yang memiliki polarisasi linier sehingga menekan kemungkinan terjadinya redaman. Antena yang akan dirancang ini akan bekerja pada frekuensi 2,4000-2,4835 GHz atau pada frekuensi Wi-fi. Hasil perhitungan desain akan dioptimalisasi melalui proses simulasi kemudian direalisasikan diatas bahan FR-4. Setelah direalisasi, antena akan diukur parameter-parameter karakteristiknya, yaitu: VSWR, polarisasi, polaradiasi, dan gain. Hasil akhir tugas akhir ini adalah sebuah prototipe antena mikrostrip sirkular yang sudah diperturbasi sehingga memiliki polarisasi sirkular dengan VSWR kurang dari 2, gain lebih dari 2 dBi dan pola radiasi omnidireksional.


Kata Kunci : Mikrostrip Sirkular, Metode Perturbasi, Polarisasi Sirkular, Antena Wifi.


Ketersediaan

TA/EL 58TA/EL 58My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 58
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Dina Angela, MT. Dosen Pembimbing II : Dr. Ir. Yuyu Wahyu, M.T.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this