Image of Analisis Prediksi Kebrangkutan Perusahaan Dengan Menggunakan Altman Z-Score Model Pada Perusahaan Pulp Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Analisis Prediksi Kebrangkutan Perusahaan Dengan Menggunakan Altman Z-Score Model Pada Perusahaan Pulp Dan Kertas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia



ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebangkrutan perusahaan dengan menggunakan Altman Z-Score model pada perusahaan pulp dan kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode statistik regresi logistik. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Adapun yang menjadi variabel bebas pada penelitian ini adalah rasio-rasio keuangan yang terdapat pada Altman Z-Score model.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada periode 2006 hingga 2010 kelima perusahaan dinyatakan berada pada zona “Bangkrut”, sedangkan untuk tahun 2011 hanya ada 1 perusahaan yang berhasil mencapai zona “Grey Area”.
Hasil analisis regresi logistik menunjukan bahwa Altman Z-Score model dapat diimplementasikan dalam mendeteksi kemungkinan terjadinya kebangkrutan pada perusahaan pulp dan kertas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Walaupun diprediksi bangkrut, perusahaan-perusahaan tersebut masih eksis pada 2012. Maka untuk menjawab hal ini dilakukan analisis arus kas. Hasil analisis arus kas menunjukan bahwa hanya 4 perusahaan yang strategi manajemennya dianggap berhasil menjaga kelangsungan hidup perusahaan pada periode 2006-2011. Sedangkan 1 perusahaan lainnya walaupun masih dapat bertahan di tahun 2012, namun kondisinya sangat mengkhawatirkan.



Kata Kunci: Altman Z-Score model, prediksi kebangkrutan.


Ketersediaan

TA/AK 10TA/AK 10My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/AK 10
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Drs. Sehat E. Ginting, M.Si., Ak. Dosen Pembimbing II : Julians C. Riwoe, SE., M.Ak., Ak.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this