Image of Deteksi Wajah Pada Citra Digital Menggunakan Metode Viola Jones

Deteksi Wajah Pada Citra Digital Menggunakan Metode Viola Jones



ABSTRAK

Saat ini, informatika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang pesat. Pemanfaatan informatika tidak hanya seputar jaringan atau keamanan data saja. Namun, sudah dimanfaatkan di berbagai bidang seperti industri, ekonomi, bahkan di bidang multimedia untuk mendapatkan informasi dari hasil proses. Bidang multimedia, menerapkan informatika untuk memproses suara, visual atau gambar. Bidang multimedia memanfaatkan informatika untuk pemrosesan citra seperti deteksi wajah, melacak manusia, pengenalan objek, dan masih banyak lagi.

Deteksi wajah menerapkan teknik informatika untuk menghitung intensitas titik, ekstraksi fitur, dan menyeleksi fitur yang tepat menggunakan mesin pembelajaran. Viola-Jones merupakan satu contoh yang digunakan untuk proses pendeteksian wajah. Pada dasarnya, Viola-Jones menggunakan 3 metode, Haar-Like Feature, AdaBoost, dan Cascaded Classifier. Haar-Like Feature berfungsi untuk menemukan semua kemungkinan fitur yang terdapat pada gambar. Fitur tersebut kemudian digunakan oleh AdaBoost untuk menciptakan klasifikasi kuat dari sekumpulan klasifikasi lemah. Klasifikasi kuat tidak selalu mengandung fitur yang tepat. Karena itu, cascaded classifier berfungsi memilih semua klasifikasi kuat yang mungkin dari hasil proses AdaBoost, untuk menemukan fitur yang tepat mengandung wajah.
Aplikasi pengujian deteksi wajah Viola-Jones ini mampu untuk mendeteksi keberadaan wajah dari sebuah gambar dan menampilkan jumlah deteksi.
Kata Kunci : Pemrosesan Citra, Deteksi Wajah, Viola-Jones, Haar-Like Feature, AdaBoost, dan Cascaded Classifier


Ketersediaan

TA/IF 224TA/IF 224My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 224
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Ken Ratri Retno Wardani, M.T.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this