Image of Implementasi Mesin Pencari Dokumen Teks Bahasa Indonesia

Implementasi Mesin Pencari Dokumen Teks Bahasa Indonesia



ABSTRAK

Banyak orang menginginkan kemudahan dalam pencarian dokumen dalam bentuk digital(softcopy). Pencarian dokumen secara manual sangat tidak efisien karena akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan merepotkan. Karena itu diperlukan sebuah mesin pencari yang dapat membantu dalam pencarian dokumen-dokumen dengan keywords tertentu diantara banyak dokumen yang ada.

Information Retrieval adalah sistem yang digunakan untuk menemukan kembali informasi-informasi yang relevan terhadap kebutuhan pengguna dari suatu kumpulan informasi secara otomatis. Search engine adalah salah satu aplikasi umum dari information retrieval yang dirancang untuk melakukan pencarian atas dokumen-dokumen berdasarkan kata kunci tertentu dan mengembalikan daftar dokumen yang relevan dengan kata kunci tersebut. Sudah tersedia banyak search engine seperti ini di internet, namun kebanyakan masih belum menangani variasi imbuhan dalam Bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap hasil pencarian. Tugas akhir ini membangun sebuah search engine khusus untuk dokumen Bahasa Indonesia dengan menggunakan Porter Stemmer Bahasa Indonesia dan metode TF.IDF untuk pembangunan indeks dan perankingan dokumen hasil pencarian.

Aplikasi search engine yang dibangun dibuat agar mampu mencari dokumen dengan konten yang relevan sesuai input yang diberikan oleh user dan mengurutkan dokumen menurut tingkat relevansinya. Sistem yang dibangun juga dilengkapi dengan fitur spelling correction untuk mengkoreksi kesalahan pengetikan pada keywords yang dimasukkan oleh user.

Kata kunci : pencarian dokumen, Information Retrieval, search engine, Porter Stemmer, Bahasa Indonesia, perangkingan dokumen, TF.IDF, spelling correction


Ketersediaan

TA/IF 230TA/IF 230My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/IF 230
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Herastia Maharani, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this