Image of Evaluasi Efektitivitas Pengendalian Biaya Produksi Dan Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus Pada PT. XYZ)

Evaluasi Efektitivitas Pengendalian Biaya Produksi Dan Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus Pada PT. XYZ)



ABSTRAK


Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Efektivitas merupakan suatu keadaan dimana organisiasi sudah mencapai tujuan yang diharapkan. Sedangkan efisiensi berhubungan dengan upaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan. Pengendalian biaya merupakan sebuah usaha manajemen suatu organisasi untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi dengan membandingkan kerja aktual dengan kinerja standar. Pengendalian biaya dikatan efektif apabila setiap prosedur dan kebijakan yang dibuat oleh manajemen guna mencapai tujuan dari organisasi berjalan sesuai dengan rencana.
Variabel pada penelitian ini adalah efektivitas pengendalian biaya produksi dan efisiensi biaya produksi. Penelitian ini dilakukan pada PT. XYZ yang merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri tekstil dimana perusahaan ini memiliki tiga departemen yaitu: departemen spinning, departemen weaving, dan departemen weaving-indigo.
Metode penelitian yang digunakan analisis deskriptif dan analisis trend yang mengumpulkan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dan membandingkan dengan teori yang relevan. Dari hasil kuesioner dan hasil analisi trend, pengendalian atas biaya produksi pada PT. XYZ sudah efektif dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap variabel efisiensi biaya produksi hipotesis diterima yang berarti biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan sudah efisien.

Kata Kunci : Biaya Produksi, Efektifitas, Efisiensi, Pengendalian Biaya.


Ketersediaan

TA AK 16TA AK 16My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA AK 16
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Bambang Rismadi, SE., M.Si., Ak Dosen Pembimbing II : Bobby W. Saputra., SE., Ak, M.Ak
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this