Image of Usulan Penyederhanaan Desain Struktur Organisasi Dan Pembuatan SOP Di PT. Asia Afrika Plastik

Usulan Penyederhanaan Desain Struktur Organisasi Dan Pembuatan SOP Di PT. Asia Afrika Plastik



ABSTRAK


PT. Asia Afrika Plastik merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri plastik yang menghasilkan produk seperti tempat makanan dan minuman, peralatan rumah tangga, perabotan dapur, kemasan cat, kosmetik, otomotif dan body mesin (mesin cuci, blender, kipas angin), dan lain-lain yang berbahan plastik.
Struktur organisasi PT. Asia Afrika Plastik yang dimiliki saat ini tidak memiliki relasi atau hubungan formal pekerjaan antar personal. Karena pembagian tugas yang diterapkan dalam perusahaan tidak mewakili kerja sama secara internal antara kepala bagian, tidak meratanya pembagian kerja menyebabkan partisipasi kurang terhadap perusahaan, pembagian pekerjaan tidak sesuai dengan rencana dan struktur organisasi tidak menunjukan gambaran perusahaan dalam mencapai tujuan. Dalam perusahaan terdapat beberapa departement masih belum baik standard operation procedur (SOP) dan belum tepat, salah satunya adalah departement quality control.
Dalam hal ini, akan dilakukan usulan penyerderhanaan desain struktur organisasi dan pembuatan SOP pada bagian quality control. Hasil dari pengolahan analisis SWOT dalam implementasi organisasi didapatkan usulan struktur organisasi dengan menggabungkan beberapa departemen, penambahan fungsi dan penambahan job description dan tanggung jawab pada general manager menjadi general and marketing manager, plant manger bertanggung jawab dan bertugas mengurusi production, PPIC, purchasing, dan HR general affair, factory dan pemisahan bagian finance dengan operasional perusahaan. Dan pembuatan flow chart SOP pada bagian quality control dan work instruction pada bagian in coming, in patrol line, dan out going quality control yang lebih jelas.

Kata kunci: Stuktur Organisasi, Standard Operating Procedure, Work Instruction


Ketersediaan

KP/TI 83KP/TI 83My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/TI 83
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Sonna Kristina, ST., MT
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this