Image of Perancangan Sistem Rekomendasi Pemilihan Objek Wisata di Kota Bandung Dengan Menggunakan Metode AHP

Perancangan Sistem Rekomendasi Pemilihan Objek Wisata di Kota Bandung Dengan Menggunakan Metode AHP



Saat ini, sektor pariwisata kota Bandung sedang berkembang sangat pesat. Setiap tahun, wisatawan yang melakukan perjalanan ke kota Bandung semakin meningkat. Wisatawan yang tidak memiliki informasi mengenai objek wisata yang terdapat di kota Bandung, sebelum memilih objek wisata yang akan dikunjungi, akan mencari informasi mengenai objek wisata yang ingin dikunjungi. Tetapi informasi wisata yang dibutuhkan oleh wisatawan, dipengaruhi preferensi wisatawan tersebut. Sehingga informasi yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan informasi wisatawan, karena beragamnya preferensi setiap wisatawan. Hal ini dapat menyebabkan kekecewaan saat wisatawan tersebut memutuskan mengunjungi objek wisata sesuai informasi yang diterima oleh wisatawan sebelumnya. Berdasarkan kasus tersebut, dapat dilihat bahwa ketersediaan informasi yang sesuai dengan preferensi wisatawan memegang peranan penting bagi wisatawan untuk menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sistem rekomendasi yang mampu memberikan informasi sesuai dengan preferensi wisatawan.
Dalam penelitian ini, pencarian dilakukan terhadap faktor objektif, dan subjektif yang mempengaruhi wisatawan dalam memilih objek wisata, kemudian preferensi wisatawan akan diolah dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi wisatawan tersebut.
Sistem yang dihasilkan dengan menggunakan metode AHP dalam penelitian ini dapat membantu wisatawan dalam memilih objek wisata yang sesuai dengan kriteria yang diperoleh melalui proses penyebaran kuesioner, yaitu kriteria keamanan, kenyamanan, ketersediaan kendaraan umum, serta memberikan rekomendasi objek wisata yang sesuai dengan budget yang dimiliki oleh wisatawan tersebut.


Ketersediaan

TA/ SI 156TA/ SI 156My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 156
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 156
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Evasaria M. Sipayung, MT. Pembimbing II: Cut Fiani, MT
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this