Image of Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Notebook Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Studi Kasus: Dept. Sistem Informasi ITHB)

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Notebook Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Studi Kasus: Dept. Sistem Informasi ITHB)



Pertumbuhan pasar teknologi informasi terutama pangsa pasar notebook di Indonesia berkembang pesat dilihat dari angka penjualan notebook yang tinggi serta penggunaan notebook di Indonesia yang cukup tinggi terutama pada dunia pendidikan khususnya pada perguruan tinggi atau kalangan mahasiswa. Pada penelitian yang dilakukan terhadap sistem informasi yang merupakan salah satu departemen pada Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), dimana para mahasiswanya terbiasa menggunakan notebook pada pengerjaan tugas-tugas perkuliahan dan aktivitas lainnya, muncul kesulitan dalam pemilihan notebook pada mahasiswanya. Kesulitan tersebut muncul akibat terlalu banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan notebook serta tidak ada informasi pendukung untuk memprioritaskan faktor tersebut, disertai banyaknya merk/tipe notebook yang beredar menyebabkan mahasiswa terkadang salah mendapat informasi dan salah memilih atau membeli notebook. Melihat kasus tersebut dapat dilihat bahwa diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan rekomendasi notebook yang tepat untuk mahasiswa sistem informasi ITHB.
Untuk merancang kebutuhan tersebut dilakukan pencarian faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemilihan produk notebook. Dari hasil kuesioner didapatkan faktor-faktor yang diprioritaskan dan dijadikan kriteria dalam pemilihan notebook oleh mahasiswa seperti harga, clockspeed prosesor, kapasitas ram, dedicated vga, dan kapasitas harddisk. Untuk menentukan rekomendasi notebook berdasarkan kriteria yang ada, digunakan salah satu metode sistem pendukung pengambilan keputusan dalam menentukan persoalan yang melibatkan multi kriteria seperti metode Analytic Hierarchy Process (AHP) sehingga didapatkan rekomendasi notebook.
Dengan penelitian ini dihasilkan sistem yang dapat membantu memberi rekomendasi notebook yang sesuai dengan kriteria yang diprioritaskan oleh mahasiswa dan mengurangi kesalahan dalam pemilihan notebook.


Ketersediaan

TA/ SI 157TA/ SI 157My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 157
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 157
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Evasaria M. Sipayung, MT. Pembimbing II: Yosi Yonata, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this