No image available for this title

Perancangan Sistem Informasi Rekomendasi Referensi Text Book dan Jurnal Dalam Pengerjaan Tugas Akhir Menggunakan Metode Demographic Based Filtering Reccomendation (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi ITHB)



Dalam pengerjaan Tugas Akhir (TA) di Insititut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) jurusan sistem informasi mahasiswa sulit mendapatkan dan menentukan informasi referensi yang dapat mempengaruhi penyelesaian TA. Penyebabnya adalah mahasiswa masih mencari rekoemndasi referensi dengan membaca laporan TA sebelumnya sehingga membutuhkan waktu yang lama, juga sumber rekomendasi yang diharapkan tidak spesifik pada area penelitian seingga kurang relevan dengan TA yang dikerjakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain demographic filtering dimana digunakan untuk mendeskripsikan tipe-tipe user yang memiliki kesamaan dan berada dalam area (demografi) yang sama dalam hal ini mahasiswa sistem informasi ITHB. Clustering digunakan untuk mengelompokkan renferensi yang dibagi berdasarkan area penelitian dan jenis perusahaan. Rating digunakan untuk mengurutkan rekomendasi berdasarkan jumlah yang paling banyak.
Mahasiswa membutuhkan sistem rekomendasi yang dapat memberikan informasi mengenai rekomendasi buku maupun jurnal yang relevan dengan Tugas Akhir yang sedang dikerjakan. Sehingga, dibuat sebuah sistem rekomendasi textbook dan jurnal dengan menggunakan Demographic Based filtering Recommendation untuk mengelompokkan informasi buku/jurnal berdasarkan area penelitian dari info history referensi dimana diambil dari mayoritas mahasiswa sistem informasi ITHB yang menggunakan text book dan jurnal pada pengerjaan TA. Dengan adanya sistem rekomendasi tersebut, dapat memudahkan Mahasiswa dalam mencari referensi buku maupun jurnal karena hasil output dari sistem tersebut menyediakan informasi mengenai buku/jurnal yang relevan dengan area penelitian yang menjadi fokus penelitiannya.


Ketersediaan

TA/ SI 158TA/ SI 158My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 158
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 158
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Tamsir H. Sirait, M.T. Pembimbing II: Evasaria M. Sipayung, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this