Image of Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Mengontrol Proses Peminjaman dan Pengembalian Buku Dengan Metode Concurent Control (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Desain Indonesia)

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Mengontrol Proses Peminjaman dan Pengembalian Buku Dengan Metode Concurent Control (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Desain Indonesia)



Sebuah organisasi dapat mencapai tujuan jika bagian di dalamnya melakukan tugas sesuai dengan apa yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika sebuah bagian tidak melakukan tugasnya maka akan berdampak pada bagian lain dan organisasi secara keseluruhan. Organisasi atau institusi pendidikan seperti Sekolah Tinggi Desain Indonesia memiliki perpustakaan sebagai bagian di dalamnya. Perpustakaan tersebut memiliki standard operating procedure (SOP) yang mengatur bagaimana kegiatan operasional dilakukan. Kegiatan operasional yang menjadi proses utama dalam perpustakaan adalah peminjaman dan pengembalian buku.
Sistem saat ini kurang mendukung petugas perpustakaan untuk melakukan kegiatan peminjaman dan pengembalian buku karena kurangnya kontrol terhadap pelaksanaan proses tersebut. Hal ini menyebabkan pelaksanaan standard operating procedure belum optimal karena ada kecenderungan untuk tidak melaksanakannya.
Sistem Informasi Perpustakaan (SIP) yang menggunakan metode concurrent control dapat menjamin pelaksanaan proses peminjaman dan pengembalian buku dengan melakukan kontrol pada setiap langkah dalam kegiatan operasional perpustakaan yang dilakukan dalam SIP. Kontrol yang dilakukan bersamaan dengan waktu berlangsungnya proses operasional akan memastikan petugas perpustakaan untuk melakukan serangkaian prosedur yang sudah ditetapkan. Dengan menerapkan Sistem Informasi Perpustakaan dalam penelitian ini, kontrol terhadap pelaksanaan proses peminjaman dan pengembalian yang berdasarkan pada SOP dapat dilakukan.


Ketersediaan

TA/ SI 162TA/ SI 162My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 162
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 162
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Evasaria M. Sipayung, MT. Pembimbing II: Antonius Sigit H.,ST.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this