Image of Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Shift Karyawan Dengan Menggunakan Metode Hungarian (Studi Kasus: XYZ)

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan Shift Karyawan Dengan Menggunakan Metode Hungarian (Studi Kasus: XYZ)



XYZ Boutique adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang retail pakaian di Bandung yang menjual berbagai jenis pakaian, tas, dan asesoris. XYZ Boutique mempunyai kebutuhan karyawan untuk setiap harinya. Untuk mengelola kebutuhan tersebut dibuatlah penjadwalan shift karyawan.
XYZ Boutique terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu, mengenai penjadwalan shift karyawan yang dimana tidak bisa memenuhi kebutuhan minimum karyawan sehingga pihak manajemen butik sering kali terpaksa mengambil kebijakan untuk tutup toko pada hari operasi pusat pembelanjaan yang menimbulkan denda. Selain masalah penjadwalan ada juga masalah lainnya yaitu pengeluaran biaya gaji yang berlebihan. Jika butik terus-menerus menggunakan karyawan hanya berdasarkan availability saja bukan tarif, maka akan membuat pengeluaran biaya gaji menjadi tidak terkendali. Dari dua permasalahan yang telah dijabarkan, maka dibutuhkan suatu sistem yang mampu dalam memberikan informasi yang tepat untuk melakukan penjadwalan shift karyawan dan juga dapat mengurangi biaya gaji.
Dalam penelitian ini dikembangkan sistem informasi penjadwalan shift karyawan berdasarkan analisis terhadap permasalahan yang ada. Metode Hungarian dipilih sebagai metode penjadwalan dalam penelitian ini dikarenakan dapat melakukan penugasan karyawan dan dapat melakukan kalkulasi biaya gaji minimum. Hasil dari penugasan tersebut dijadikan jadwal shift karyawan. Metode Hungarian hanya digunakan pada saat menggunakan karyawan lembur atau freelance saja karena untuk kasus normal tidak perlu digunakan dengan alasan hasil metode Hungarian sama dengan plotting jadwal biasa.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem informasi penjadwalan shift karyawan ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan penjadwalan shift karyawan sehingga memenuhi kebutuhan karyawan dan mengurangi pengeluaran biaya gaji karyawan sebesar 9,5%-10,78%.


Ketersediaan

TA/ SI 170TA/ SI 170My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 170
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 170
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Cut Fiarni ST. MT. Pembimbing II: Arief Samuel Gunawan, ST., M.I.M
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this