Image of Perancangan Monitoring System Pada Perusahaan Bengkel Mobil Menggunakan Metode Performance Monitoring Indicators (Studi Kasus: PT Mentari Cahaya Utama)

Perancangan Monitoring System Pada Perusahaan Bengkel Mobil Menggunakan Metode Performance Monitoring Indicators (Studi Kasus: PT Mentari Cahaya Utama)



PT Mentari Cahaya Utama merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak di industri bengkel body and paint specialist di kota Bandung. Jasa yang ditawarkan adalah perbaikan mobil yang rusak akibat kecelakaan atau kelalaian pengguna kendaraan dan atau jasa pengecatan mobil. Seiring bertambahnya jumlah kendaraan yang ditangani, membuat pihak manajemen kesulitan dalam memantau setiap workstation yang ada serta kesulitan dalam memberikan informasi kepada customer mengenai status kendaraannya. Karena itu perusahaan membutuhkan sebuah sistem monitoring untuk menjawab permasalahan yang ada.
Performance Monitoring Indicators (PMI) merupakan sebuah metode pemetaan indikator-indikator yang diperlukan dalam proses monitoring, mulai dari indikator input, indikator activity, indikator output, indikator outcome, sampai dengan indikator impact. Hasil pemetaan pada metode PMI ini nantinya nantinya dapat dijadikan dasar dalam membangun sebuah sistem monitoring agar dapat diukur pencapaiannya apakah sesuai yang diharapkan atau tidak.
Dalam pengembangan sistem monitoring ini juga diterapkan sebuah metode pencatatan ke dalam database, yaitu metode event-based audit trail. Pada dasarnya, cara kerja metode ini adalah menambah proses pencatatan ke tabel audit trail setelah significant event terjadi. Pada penelitian ini, yang dimaksud dengan significant event adalah indikator activities yang telah dipetakan pada metode PMI, yaitu kelima detail proses pengerjaan kendaraan.
Sistem monitoring yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai jumlah kendaraan yang ditangani oleh setiap workstation yang ada dalam perusahaan dan juga dapat memberikan notifikasi kepada admin ketika terjadi keterlambatan dalam proses pengerjaan kendaraan customer. Informasi ini berguna untuk menghindari terjadinya kelebihan beban kerja maupun waktu menganggur pada workstation yang ada dalam perusahaan.


Ketersediaan

TA/ SI 181TA/ SI 181My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/ SI 181
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA/ SI 181
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Arief Gunawan, ST., MIM. Pembimbing II: Antonius Sigit H.,ST.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this