Image of Pengembangan Aplikasu Laporan Key Performance Indicator PT. Pertamina (Persero) Upms III di Fa. PFC Nusantara

Pengembangan Aplikasu Laporan Key Performance Indicator PT. Pertamina (Persero) Upms III di Fa. PFC Nusantara



ABSTRAK

Perkembangan teknologi dunia komputer saat ini yang sedemikian pesat menimbulkan paradigma bahwa kebutuhan manusia dan bisnis khususnya dalam bidang managerial serta evaluasi bisnis saat ini menuntut suatu prosesi yang cepat, akurat dan efisien, serta sedapat mungkin dilakukan secara komputatif. Adapun proses manual yang mengandalkan sumber daya manusia demi mencapai hasil yang efektif saat ini sudah tidak dapat diandalkan lagi, karena memakan waktu yang relatif tidak singkat dan tenaga kerja yang tidak sedikit.

Indikator dari hasil kinerja bisnis dari sebuah proses bisnis diukur dengan melakukan formulasi dan generasi laporan berdasarkan nilai-nilai KPI (Key Performance Indicator). Nilai-nilai ini umumnya merupakan hasil akumulasi dari berbagai faktor penting yang menentukan apakah sebuah perusahaan sudah (atau belum) mencapai parameter target sebagaimana yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Walaupun demikian, seringkali proses formulasi nilai-nilai KPI ini dilakukan tanpa berbasis kepada sebuah sistem yang efektif dan terintegrasi dengan proses bisnis. Masalah lain yang seringkali timbul pada suatu perusahaan adalah, proses bisnis terkait dengan formulasi KPI juga dilakukan secara cara manual dengan (atau tanpa) menggunakan alat-bantu.

Aplikasi KPI yang dirancang sebagaimana diutarakan dalam laporan ini merupakan solusi dari permasalahan-permasalahan yang timbul dalam generasi reportase KPI secara manual yang sangat tidak efektif.

Kata kunci : Business System Development, Key Performance Indicator, KPI


Ketersediaan

KP/IF 157KP/IF 157My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
KP/IF 157
Penerbit ITHB : Publishing Place.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing: Ivan Michael Siregar, ST
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this