Image of Analisis Efektivitas Pengendalian Internal Pemberian kredit PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanaoba Lais Manekat

Analisis Efektivitas Pengendalian Internal Pemberian kredit PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanaoba Lais Manekat



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal pemberian kredit serta efektivitasnya pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanaoba Lais Manekat. Bank ini baru beroperasi sejak Februari 2008 di Kupang.
Analisis desktiptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan objek penelitian dan memberikan gambaran tentang pengendalian internal pemberian kredit pada bank. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan menggunakan kuesioner dan obeservasi terhadap objek penelitian, yakni PT. BPR Tanaoba Lais Manekat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor pengendalian internal pemberian kredit pada PT. BPR Tanaoba Lais Manekat sebesar 82,6%. Dibandingkan dengan tabel interval skor menurut Ridwan dan Kuncoro (2011), maka posisi pengendalian internal pemberian kredit PT. BPR Tanaoba Lais Manekat sangat tinggi yang berada dalam interval 81% - 100%, artinya pengendalian internal pemberian kredit pada bank sangat tinggi. Pengendalian internal pemberian kredit diukur dengan 5 komponen dimana lingkungan pengendalian memiliki bobot tertinggi, sedangkan penilaian risiko memiliki bobot terendah. Efektivitas pengendalian internal pemberian kredit dapat diukur dengan indikator kinerja bank seperti rasio LDR, LAR, NPL, ROA, RBO, NPM selama tiga tahun pertama. Rasio-rasio ini menunjukkan bank memiliki kinerja yang semakin baik dari tahun ke tahun sehinga dapat disimpulkan bahwa pengendalian internal atas pemberian kredit bank telah berlangsung efektif.

Kata kunci: Pengendalian Internal, Pemberian Kredit, Bank Perkreditan
Rakyat (BPR), Efektivitas.


Ketersediaan

TA/AK 001TA/AK 001My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/AK 001
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Drs. Sehat E. Ginting, M.Si., Ak Dosen pembimbing II : Bobby W. Saputra., SE., Ak, M.Ak
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this