Image of Perhitungan Propagasi Radio Akses di Area Bandung Tengah dengan Menggunakan Walfisch-Ikegami

Perhitungan Propagasi Radio Akses di Area Bandung Tengah dengan Menggunakan Walfisch-Ikegami



Abstrak— Permukaan suatu daerah yang tidak teratur dan berbeda satu dengan yang lain menyebabkan perhitungan yang cukup rumit dalam menentukan redaman lintasan pada sistem komunikasi radio. Selain itu, adanya bangunan juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi besarnya redaman lintasan pada sistem komunikasi radio. Untuk menentukan besarnya redaman lintasan tersebut, maka beberapa model propagasi yang akan dikemukakan berikut diharapkan layak digunakan untuk memperkirakan besarnya redaman lintasan sepanjang daerah yang tidak teratur tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa keadaan propagasi di kota Bandung dengan mengaplikasikan beberapa model propagasi, yaitu Okumura-Hata, COST 231 dan Walfisch-Ikegami. Perhitungan akan dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran di lapangan dengan hasil perhitungan dengan menggunakan model propagasi tersebut.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Operator GSM dalam melakukan optimasi jaringannya. Berikut adalah nilai Lpathloss yang diperoleh dari hasil pengukuran dilapangan dan perhitungan dengan menggunakan model Okumura-Hata, COST 231 dan Walfisch-Ikegami.
Kata Kunci : path loss, daerah perkotaan, Model Propagasi, Walfisch - Ikegami


Ketersediaan

TA/EL 04TA/EL 04My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 04
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Dina Angela, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this