Image of Desain dan Realisasi Antena Cetak Log Periodik Dipole Sebagai Pemancar pada Sistem Repeater DVB-T

Desain dan Realisasi Antena Cetak Log Periodik Dipole Sebagai Pemancar pada Sistem Repeater DVB-T



ABSTRAKSI


Sehubungan dengan rencana pemerintah untuk mulai menyosialisasikan sistem DVB-T sebagai standar penyiaran televisi dijital, maka diperlukan suatu sistem pentransmisian yang dapat menjangkau seluruh daerah Indonesia, akan tetapi, dikarenakan kontur Indonesia yang didominasi oleh pegunungan, perbukitan dan lautan, mengharuskan adanya suatu solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Salah satu solusi yang ditawarkan dan dikembangkan pada saat ini adalah repeater DVB-T.
Prinsip kerja repeater DVB-T ini adalah menerima sinyal dari antena transmisi utama, memodulasikannya dengan konten lokal, kemudian mengirimkannya kepada pengguna.
Salah satu komponen penting dari repeater DVB-T ini adalah antena pengirim, dikarenakan antena ini difungsikan sebagai pengirim sinyal yang telah dimodulasikan tersebut. Antena yang dibutuhkan adalah antena yang bisa bekerja pada rentang frekuensi UHF (lebih spesifik 400 – 900 MHz), dan dengan pola radiasi unidireksional.
Pada penelitian ini membuat antena yang akan menjadi solusi tersebut, yaitu Antena Cetak Log Periodik Dipol. Antena ini akan didesain dan disimulasikan menggunakan software 3D untuk mencapai hasil yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Antena yang telah dibuat menghasilkan rentang frekuensi 470 – 860 MHz, dengan VSWR < 2, Gain 7 dBi dan Pola radiasi unidireksional.

Kata Kunci : DVB-T, repeater, Antena Cetak Log Periodik Dipol


Ketersediaan

TA/EL 49TA/EL 49My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 49
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Dina Angela, MT. Dosen Pembimbing II : Roy B.V.B. Simorangkir, ST.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this