Image of Implementasi Network Management System dengan OpenNMS (Studi Kasus di ITHB)

Implementasi Network Management System dengan OpenNMS (Studi Kasus di ITHB)



ABSTRAK

Pertumbuhan dan perkembangan dalam dunia jaringan komputer saat ini semakin cepat, sehingga dibutuhkan berbagai peralatan baru yang powerful untuk mengembangkan manajemen jaringan. Untuk mengelola suatu jaringan yang cukup besar, dirasakan cukup sulit bila dilakukan dengan teknik manual. Contohnya ketika administrator ingin mengurangi beban pada suatu jaringan laboratorium. Karena service yang dijalankan cukup banyak, administrator harus mendatangi satu per-satu node dan melakukan pengontrolan service pada setiap host sehingga beban yang ada pada jaringan menjadi berkurang. Hanya saja hal tersebut akan memakan waktu dan usaha yang cukup banyak, bila jumlah host yang ada pada suatu lab terhitung banyak.
Implementasi Network Management System (NMS) pada suatu jaringan merupakan cara untuk meningkatkan reliabilitas dan kontinuitas jaringan tersebut. NMS meliputi pemantauan terhadap kondisi terkini dari masing-masing node, sampai dengan pemberian notifikasi status pada administrator yang bertindak sebagai NMS.
Pada tugas akhir ini dilakukan implementasi NMS menggunakan OpenNMS untuk jaringan di ITHB. Implementasi NMS pada tugas akhir ini meliputi monitoring terhadap kondisi terkini dan service / layanan dari masing-masing node Simple Network Management Protokol (SNMP), seperti layanan yang ditawarkan (TCP, ICMP, POP3, HTTP, dan sebagainya), dan notifikasi kepada administrator jaringan jika terjadi event tertentu pada node, dengan menggunakan email. Untuk memperoleh data kondisi yang lebih lengkap seperti disk usage, jumlah user, memory, dan parameter yang lainnya, pada masing-masing node dipasang (install) SNMP Agent.
Pada tugas akhir ini juga diharapkan implementasi yang dirancangkan sangat berguna untuk diterapkan di jaringan ITHB. Dokumentasi dan presentasi hasil akhir juga akan dilakukan agar dicapai hasil yang maksimal.
Kata kunci : Manajemen jaringan, OpenNMS, SNMP, TCP, ICMP, POP3, HTTP, Administrator, Server, Agent, Host.


Ketersediaan

TA/EL 52TA/EL 52My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 52
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Dr. Herry Imanta Sitepu
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this