Image of Pengukuran Perforamansi Voice Over Internet Protocol (VoIP) Berbasis Session Initiation Protocol (SIP)

Pengukuran Perforamansi Voice Over Internet Protocol (VoIP) Berbasis Session Initiation Protocol (SIP)



ABSTRAK


Voice over Internet Protocol atau VoIP adalah perwujudan perkembangan teknologi telekomunikasi yang melewatkan paket suara kedalam jaringan internet (IP). Dengan adanya VoIP diharapkan dapat memaksimalkan jaringan IP, sehingga jaringan IP tidak hanya dilewatkan paket data saja akan tetapi dapat dilewati paket suara.VoIP yang ada banyak jenisnya, salah satunya adalah VoIP berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Pada saat ini VoIP berbasis SIP menjadi lebih popular dibandingkan dengan yang lain dikarenakan mendukung komunikasi multimedia.
Dalam prakteknya VoIP bergantung pada kualitas delay, jitter, throughput dan packet loss, untuk menentukan apakah jaringan VoIP memenuhi standar yang ada. Untuk mengetahui parameter dari delay, jitter, throughput dan packet loss maka diajukan penelitian terhadap parameter tersebut.
Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan mengukur parameter seperti delay, jitter, throughput dan packet loss dengan menggunakan ethereal sebagai network analyzer.
Hasil pengujian terhadap parameter delay, jitter, throughput dan packet loss memberikan MOS, yang merupakan patokan terhadap kualitas jaringan VoIP yang ada.


Ketersediaan

TA/EL 12TA/EL 12My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 12
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Suhardi Dosen Pembimbing II : Tjong Wan Sen, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this