Image of Rancang Bangun Patch Triangular Antenna dengan Model Pencatuan Electromagnetially Coupled (EMC) pada Frekuensi 2,3 GHz

Rancang Bangun Patch Triangular Antenna dengan Model Pencatuan Electromagnetially Coupled (EMC) pada Frekuensi 2,3 GHz



ABSTRAK

Perkembangan teknologi komunikasi mobile wireless di dunia modern semakin cepat dan beragam, sehingga banyak muncul standar teknologi yang baru dan semakin canggih. Teknologi tersebut salah satunya adalah WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) yang beroperasi pada frekuensi 2.3 GHz, 2,5 GHz, dan 3,5 GHz.
Pada tugas akhir ini antena yang dibuat beroperasi pada frekuensi 2,3 GHz yang memiliki rentang frekuensi 2300 – 2400 MHz untuk mendukung teknologi WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Penelitian ini juga mengembangkan sebuah metode pencatuan untuk antena mikrostrip yaitu metode pencatuan electromagnetically coupled (EMC) dengan bentuk patch segitiga. Dengan menggunakan EMC radiasi yang tidak diinginkan menjadi lebih sedikit dan memiliki keuntungan menawarkan karakteristik wideband tanpa beberapa rangkaian matching. Metode pencatuan EMC dapat mengatasi kelemahan dari antena mikrostrip konvensional yang memiliki karakteristik narrow bandwidth. Desain antena mikrostrip ini menggunakan metode EMC dengan struktur feeder L-strip. Antena ini dirancang kemudian disimulasikan dengan menggunakan software simulator.
Pada simulasi, dilakukan pengulangan ukuran dimensi antena untuk mendapatkan hasil yang yang sesuai dengan spesifikasi rancangan antena, yaitu dengan mengubah ukuran patch, groundplane, feeder, serta tinggi air gap. Hasil simulasi yang diperoleh, diimplementasikan dengan menggunakan bahan, yaitu tembaga.
Hasil pengukuran yang didapatkan untuk frekuensi 2300 MHz - 2400 MHz adalah 1.386 untuk VSWR. Untuk pola radiasi antena yang terukur adalah unidireksional, serta polarisasinya berbentuk elips. Gain yang mampu dicapai antenna ini adalah sekitar 9.5 dBi.
Kata Kunci : Electromagnetically Coupled (EMC), Antena Mikrostrip, WIMAX, Patch Segitiga, Wideband, VSWR, Gain


Ketersediaan

TA/EL 20TA/EL 20My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 20
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing I : Dina Angela, MT. Dosen Pembimbing II : Yuyu Wahyu, Ir., MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this