Image of Optimasi Jaringan GSM dengan Menggunakan TemsTM Investigation

Optimasi Jaringan GSM dengan Menggunakan TemsTM Investigation



ABSTRAK

Kualitas jaringan sangat penting untuk diperhatikan dalam mengembangkan usaha dibidang telekomunikasi. Untuk memenangkan pemasaran maka perlu memberikan kualitas atau QoS (Quality of Service) yang baik, namun pada hakikatnya semakin banyak pelanggan maka kapasistas yang tersedia semakin mengecil yang nantinya akan mempengaruhi kualitas jaringan.
Untuk menjaga serta meningkatkan kualitas jaringan maka perlu dilakukan optimisasi. Salah satu langkah optimisasi adalah melakukan drive tes atau pengukuran parameter-parameter jaringan (dalam hal ini jaringan GSM) dengan melakukan tes melalui panggilan telepon. Data yang terkumpul melalui drive test akan dianalisa, sehingga dapat diketahui penyebab terjadinya penurunan kualitas jaringan GSM disuatu daerah tertentu. Untuk mengetahui masalah apa saja yang mempengaruhi kualitas jaringan GSM, maka diajukan tugas akhir ini untuk melakukan pengukuran, penelitian dan rekomendasi optimisasi jaringan GSM di dareah Tamansari Bandung.
Drive test dilakukan dengan menggunakan TEMS Investigation, dan menggunakan Map Info untuk mengolah data yang diperoleh. Dari hasil analisa data maka dapat disimpulkan bahwa penyebab turunnya kualitas jaringan yang terjadi adalah akibat interferensi uplink, arah dan kemiringan antena yang kurang tepat yang mengakibatkan terjadi pingpong handover, handover failure dan dropped call. Sehingga direkomendasikan untuk mencari penyebab dari interferensi uplink dan melakukan perubahan pada arah dan kemiringan antena.

Kata kunci : jaringan telekomunikasi GSM, optimisasi, drive test


Ketersediaan

TA/EL 13TA/EL 13My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TA/EL 13
Penerbit ITHB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Dosen Pembimbing : Ir. Tunggul Arief Nugroho, MT.
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this