Detail Cantuman
Advanced SearchImplementasi Teori Bayesian Network Pada Game Jenis Fighting
ABSTRAK
Artificial Intelligence (AI) merupakan suatu bidang ilmu yang membuat mesin atau komputer dapat berlaku seperti atau bahkan sebaik dari apa yang dilakukan oleh manusia. AI telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu manusia.Game Playing merupakan salah satu dari beragam ruang lingkup AI. Perkembangan gamesangat pesat. Tidak lagi menjadi selingan pengisi waktu luang, kini gamediciptakan untuk terlihatlebih kompleks, dan menantang.
Penggunaan AI pada gametelah lama digunakan. Pada game jenis fightingAI digunakan pada proses pengambilan keputusan karakter komputer menanggapi pergerakan yang dilakukan oleh karakter pemain. Salah satu metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan adalah Bayesian Network.Pergerakan yang dilakukan oleh karakter pemain akan dicatat dan dibentuk dalam node-nodeBayesian Network yang kemudian akan dilakukan analisa untuk memprediksikan gerakan lawan dan dihitung keputusan akhir gerakan terbaik yang dapat menghadapi gerakan lawan tersebut.
Terlihat dari hasil percobaan bahwa penggunaan Bayesian Network pada game jenis fightingdengan skenario game yang baik, cukup memberikan nilai tambah pada game, dibandingkan dengan algoritma konvensional biasa. Walaupun pada sisi lain membutuhkan data pembelajaran untuk membuat keputusan jauh lebih baik.
Kata Kunci:Artificial Intelligence, Bayesian Network dan game jenis fighting.
Ketersediaan
TA/IF 212 | TA/IF 212 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TA/IF 212
|
Penerbit | ITHB : Bandung., 2012 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Dosen Pembimbing I : Prof. The Houw Liong, Ph.D
Dosen Pembimbing II : Ken Ratri Retno Wardani, S.Kom., MT.
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain