Detail Cantuman
Advanced SearchPenentuan Strategi Pemasaran Telepon Selular Samsung Oleh CV. Point Multimedia Dengan Metode David
ABSTRAK
Sekarang ini kebutuhan akan informasi hampir menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan alat komunikasi seperti telepon selular. Karena kebutuhan akan telepon selular semakin besar, produsen telepon selular terus bersaing untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan mengembangkan produknya. Salah satu produsen telepon selular yang ada dan terus berkembang saat ini adalah Samsung. Perwakilan Samsung untuk Indonesia adalah PT. Samsung Electronics Indonesia, memiliki beberapa partner yang bertugas memasarkan produknya hingga ke seluruh Indonesia. Partner yang bertugas memasarkan produknya di Jawa Barat adalah CV. Point Multi Media.
Dengan kebutuhan dan jumlah produsen telepon selular yang terus berkembang, maka peran dari strategi marketing menjadi penting. Pada penelitian ini, akan dilakukan penentuan strategi marketing untuk perusahaan CV. Point Multi Media dengan menggunakan metode yang dikembangkan David. Pada metode ini dibutuhkan data faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi internal dan eksternal perusahaan. Dari data tersebut akan dilakukan pengolahan data pada tahap input (input stage) dengan menggunakan tiga matrix yakni IFE matrix, EFE matrix, dan CP matrix. Selanjutnya akan dilakukan pengolahan data lanjutan pada tahap pencocokan (matching stage) untuk menghasilkan beberapa strategi alternatif. Pada tahap pencocokan pengolahan data menggunakan beberapa matrix, seperti TOWS matrix, SPACE matrix, BCG matrix, IE matrix, dan Grand Strategy matrix. Pada akhir tahap ini akan dihasilkan beberapa alternatif strategi seperti Strategi Pertumbuhan Intensif, Strategi Pertumbuhan Integratif, dan Strategi Diversifikasi. Strategi alternatif tersebut dimasukkan ke dalam tahap keputusan (decision stage) dengan menggunakan QSPM matrix dilakukan pemilihan dari strategi alternatif berdasarkan ketertarikan dan relevansinya terhadap kondisi perusahaan.
Pada akhir dari tahap keputusan, terpilihlah Strategi Pertumbuhan Intensif menjadi strategi yang paling tepat untuk perusahaan. Strategi Pertumbuhan Intensif terdiri dari empat strategi lanjutan yakni Strategi Penetrasi Pasar, Strategi Pengembangan Pasar, Strategi Pengembangan Produk, serta Strategi Diversifikasi. Berdasarkan hasil analisis, maka strategi yang tepat untuk perusahaan adalah Strategi Pengembangan Pasar dan Strategi Penetrasi Pasar, dengan melihat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya untuk area Jawa Barat, serta masih banyak kota di Jawa Barat yang belum digarap oleh perusahaan CV. Point Multi Media.
Kata Kunci: Strategi marketing, IFE matrix, EFE matrix, CP matrix, TOWS matrix, SPACE matrix, BCG matrix, IE matrix, Grand Strategy matrix, QSPM matrix.
Ketersediaan
TA/TI 83 | TA/TI 83 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TA/TI 83
|
Penerbit | ITHB : Bandung., 2012 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Dosen Pembimbing I : Ir. Ari Setiawan, MT.
Dosen Pembimbing II : Ir. Roland YH Silitonga, MT.
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain