Detail Cantuman
Advanced SearchPerancangan Sistem Informasi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Asuransi Dengan Menggunakan Metode Servqual Dan IPA (Studi Kasus : PT. XYZ)
Abstrak- Bisnis asuransi merupakan bisnis yang berdasarkan pada asas kepercayaan. Masalah kualitas layanan (service quality) menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis ini. Persaingan yang terjadi di industri asuransi pada saat ini sangat kompetitif, oleh karena itu perlu adanya kelebihan khusus dari perusahaan asuransi agar dapat mempertahan eksistensinya. Salah satu yang paling penting diperhatikan adalah kualitas pelayanan.
PT. XYZ juga perlu memperhatikan kualitas jasa yang diberikan kepada nasabah agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh nasabah. Oleh karena itulah maka pengukuran kualitas pelayanan sangat diperlukan.
Metode penilaian kualitas layanan yang digunakan yaitu service quality yang terdiri dari 5 dimensi penilian yaitu tanggible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) dan metode IPA (Importance Performance Analisis) .
Penggunaan kombinasi metode servqual dan IPA pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sangat membantu dalam mencapai tujuan penelitian ini, dengan menggunakan metode servqual dapat memfokuskan atribut penelitian sehingga mendapatkan nilai kepuasan terbaik dan terendah pada atribut yang dinilai, sedangkan penggunaan metode IPA dapat membantu untuk analisis lebih lanjut tentang pelayanan yang harus dipertahankan dan yang harus ditingkatkan.
Kata Kunci- Kepuasan Pelanggan, Kualitas pelayanan, Servqual, IPA
Ketersediaan
TA/SI 132 | TA/SI 132 | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TA/SI 132
|
Penerbit | ITHB : Bandung., 2012 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Dosen Pembimbing I : Johan Oscar Ong, MT.
Dosen Pembimbing II : Tamsir H. Sirait, MT.
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain